Sabtu, 17 Desember 2016

5 Tips Menggunakan Regulator dan Kompor Gas Aman agar Tabung Gas Tidak Meledak

Sejak peralihan dari minyak tanah ke gas, masyarakat kita sekarang ini banyak menggunakan kompor gas. Dan kalau dirasakan memang alat memasak yang satu ini lebih efisien dibanding dengan kompor minyak tanah. Masakan pun lebih cepat matang dan biaya yang perlu dikeluarkan pun lebih hemat.

Akan tetapi, bagi para ibu rumah tangga masih sering dibayang-bayangi dengan berita mengenai tabung gas yang meledak di berbagai media. Sedikit banyak itu ikut menghantui saat kita ingin menggunakan kompor gas saat memasak. 

Tapi sebetulnya hal tersebut tidak perlu terjadi. Karena ada cara dan langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk memasak aman dengan kompor gas. Mari simak tipsnya berikut ini. 

1. Selang dan regulator harus terpasang dengan baik

Ya ini tips utama agar kompor gas aman saat digunakan. Pastikan regulator itu terpasang dengan sempurna ke tabung gas. Begitupun dengan selang yang menghubungkan antara regulator ke kompor tersebut juga dalam kondisi yang baik. 

Biasanya penyebab utama kebocoran gas itu karena regulatornya tidak terpasang dengan baik. Atau bisa juga karena regulator itu sudah rusak. Sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Kalau regulator itu sudah lama atau kondisinya sudah memprihatinkan, lebih baik beli regulator baru.

Biar lebih mudah, ada yang jual pengaman regulator gas itu secara online. Jadi kita pun lebih praktis untuk melakukan pembelian. Tinggal order dan regulator yang kita beli itu akan diantar sampai ke rumah. 

Kalau selama ini, biasanya netizen membeli regulator gas online itu di MatahariMall.com. Karena memang produk regulator gas yang tersedia sangatlah lengkap. Alasan lainnya karena ada diskonnya.
Misalnya untuk alat regulator seperti pada gambar di atas itu. Regulator gas merk Win plus selang gas sepanjang 1,8 meter itu dijual hanya Rp 50.000 saja. Kalau di toko-toko harganya lebih mahal dari itu. 

Nah di MatahariMall.com yang jual pengaman regulator gas itu kita bisa pilih produk yang berkualitas. Pilihan regulator yang tersedia sangat banyak. Selain merek Winn, ada juga regulator merk Star Cam, Miyako, dan merek-merek lainnya. 

2. Taruh kompor dan tabung gas di tempat yang aman
Tempat menaruh kompor gas dan tabung gas itu haruslah datar. Supaya saat digunakan lebih aman. Kalau kita meletakkannya di tempat yang tidak datar, bisa saja nantinya tabung gas itu jatuh yang kemudian menyebabkan selang maupun regulator tidak seperti semula. Ini tentu sangat berbahaya. Karena aliran gas menjadi bocor dan bisa membahayakan sekitar. 

3. Beli kompor dan regulator yang sudah dilengkapi dengan label SNI
Standar Nasional Indonesia (SNI) dibuat untuk menjamin produk yang ingin kita beli itu berkualitas baik. Untuk itu pastikan kompor gas maupun regulator yang kita beli itu sudah terdapat label SNI. Dengan demikian, kita pun akan mendapatkan barang dengan kualitas yang baik. 

4. Beli regulator yang dilengkapi dengan pengaman

Ini penting supaya regulator yang kita pasang ini bisa tertancap dengan erat. Sehingga tidak mudah copot maupun bocor. Bisa Anda cari regulator yang dilengkapi dengan pengaman itu secara online di MatahariMall.com.

5. Cek berkala kompor dan regulator
Untuk memastikan aliran gas tetap dapat berlangsung dengan baik, lakukan pengecekan secara berkala. Misalnya Anda setiap 3 hari sekali atau 1 minggu sekali bisa mengecek regulator dan kompor gas itu. Bila perlu Anda bisa sekalian sambil memberishkan kompor gasnya.
Demikianlah cara menggunakan kompor gas yang aman. Selamat mempraktekkannya!


EmoticonEmoticon